OK, lanjut....definisi murah di sini adalah :
1.Harga di bawah 40 juta (# mudahkah?)
2. kondisi siap jalan baik mesin, kaki-kaki secara umum masih baik, servis mudah pula,
3. sparepart gampang.
4. Dan mobil diasumsi bawa total 4 org dewasa plus supir dg berat total 300 kg plus bawaan.
Pertama saya sampaikan bahwa tidak semua mobil itu di desain sama. Ada yg peruntukannya di kota saja (city car), show car, ada yg off road, mobil niaga (small truck)...dll. Konsep saya adalah ,... mobil yg kuat kemana-mana..dalam kondisi apa saja... di toll...banjir..naik gunung... dipasir pantai...di lumpur pun! ... secara simple disimpulkan adalah : mobil semi/offroad (SUV) dan mobil niaga (MPV).
Adalah keseharian kita utk melewati jalan yg mendadak jadi sungai 50 cm di Bandung , nah Kelebihan SUV adalah bisa menerjang track banjir sedengkul dg tenang, cuma ada kelemahan di suspensi lebih keras, but it's workable. Sedang MPV lebih enak suspensi, tapi agak terbatas buat bebanjiran. Semua itu pilihan bro....Khusus utk Sedan...jelas ga mampu lewat track banjir ya.
https://youtu.be/lHtZ6fGQnSI
“Dialah Yang menjadikan bumi itu mudah bagi kamu, maka berjalanlah di segala penjurunya dan makanlah sebagian dari rezeki-Nya. Dan hanya kepada-Nya-lah kamu (kembali setelah) dibangkitkan.”
Mobil Jadul yg handal...apakah itu?
Saya coba utk memaknai kata "mudah bagi kamu" secara bodohan...
Ok...kali ini saya coba propose ide ...ttg mobil keluarga apa yg murah tapi bisa kemana-mana. Saya baru saja pergi ke sebuah tempat wisata di Subang Jawa barat. Tepatnya Ciater...utk ke Sari Ater dari Bandung via Punclut ada tanjakan killer jimkat tua ini bisa lewat dg mulus,yg lebih asik kemudian menjajal track tanjakan tajam (40 derajat?) di Curug Capolaga yg indah di daerah situ juga . Dg keluarga tentu, lebih dari 4 orang semuanya.
Setelah saya sampai di Kawasan kemah Curug Capolaga, saya lihat hampir semua keluarga menggunakan mobil di atas tahun 2010. Track tsb mampu di lewati dg cukup sukses oleh mobil tua saya ( kelahiran 1995). Sebelum saya pasang 4x4 (lebih tepatnya gardan belakang 8:41), terus terang track pegunungan tersebut "hanya impian". Disana saya bertemu rombongan Kemah Keluarga Indonesia (hub mereka di
http://www.kemahkeluarga.org) ...wow keluarga anda akan menemui kesulitan jika tidak pakai mobil yg fit.
Teman, suka ga ke tempat yg cakep kek gini ? (#asik dibawah air terjun tuh)
Familier dg jalan begini bro? buat Jimmers...sedengkul pun tak ambil pusing..cwiw
Yah kalo mau susah-susah bisa kredit pajero sport buat ngelibas banjir? That's what SUVs are for..
Yg gini mah pake jimny kotrik juga lulus bro....
Yg mau tahu basic memakai mobil 4x4 offroad secara aman baca disini yak...
basic memakai mobil 4x4
Secara ranking pilihan saya adalah:
- SUV ..dapatkan yg 4WD (Dobel Handel) ..kalo ada
- MPV
- Sedan tertentu
OK , begini pendapat saya setelah melalui pergumulan pemikiran yg melelahkan ttg mobil murah yg siap kemana wae..ehm :
1. Suzuki Jimny SJ 410 2WD 4x2(Engkel) atau 4WD 4x4 (Dobel handel) dan Suzuki Jangkrik/Kotrik/ LJ80
Happy is simple
https://youtu.be/yNz_mDoy7mk
Mobil ini sudah saya ujicoba sendiri utk yg 4x4 dg ukuran roda besar (7.00 in R15 Extra grip). Sebetulnya ban ukuran segini bukan standar Jimny. Jika ingin lebih murah tanpa modifikasi, sebaiknya gunakan ban/velg standar saja. Dengan gear ratio standar 9/37 kondisi standar, mobil ini sudah bisa jalan2 ke gunung. Jika power dirasa masih kurang, boleh gear ratio gardan belakang di ganti yg ratio 8/41 (modal sekitar 4 juta rupiah), plus kalau punya uang bisa ganti ban yg lebih besar. Modal utk 4x4 mobil plus modif gardan minus ban sekitar 45 juta. Utk 4x2 bisa sekitar 35 juta. Adakah yg lebih murah? mungkin Jimny Jangkrik LJ 80 bisa di bawah 30 juta.
Baca pengalaman saya dg mobil ini yak :
Untuk yg mau suspensi enak pakai yg versi LWB (Long Wheel Base).
Yang udah cakeb mulyus kek gini harganya bisa diatas 50 brow...
Spesifikasi Jimny SJ410 1000cc 4 Cyl...
Spesifikasi Jimny Jangkrik LJ80..800cc 4 Cyl...
Lebih jauh tentang Jimny?? ...baca :
2. Mitsubishi Colt T120 SS Wagon/ mini bus
Mobil ini basic nya adalah mobil niaga, sudah famous dari dulu sebagai mobil angkutan di gunung! mobil inilah yg berlari kencang di tanjakan 40 derajat menyalip mobil saya. Hehe...btw saya memang sdg liat pemandangan jadi jalan selow pakai gigi Low 4L. Pernah liat penampakan domba gunung tua ini..saya masih liat mobil ini jadi andalan petani di gunung. liat bro...
Angkot gunung in action!!!
Yup... mobil ini kuat sekali...bahkan ada klub yg melestarikanya, utk yg versi tahun 90an model begini...Colt 120 SS 1500cc....th 90 an..
Saking kuatnya ...mobil ini diplesetkan...Mustibisha! hahaa..
Pertahankan kondisi standar ya bro!! Harga mobil th 90an sekitar 20- 30 jutaan.
Spek standar Mitsubishi 120 ss...
3. Daihatsu Taft GT 4x2
Ini mobil SUV juga ...harganya lebih mahal di banding yg sdh saya sebut...40 juta ke atas. Tapi memang tampilan keren, dan body lebih besar.
dibawah adalah spesifikasi utk Taft Kebo F10 (1000 cc) lawas....yg ini spesifikasi bengis ...FG 7,281....mobil hutan... spek gigi satu bengis (sampe 26!!! jimny aja cuma 12 loh...kalo pake gear Low baru kena tuh ratio diatas 20..)....tapi menemukan yg bagus sudah jarang dan mahal pula.
Engine manufacturer: |
DAIHATSU |
Engine type: |
spark-ignition 4-stroke |
Fuel type: |
petrol (gasoline) |
Fuel system: |
carburetor |
Charge system: |
naturally aspirated |
Valves per cylinder: |
2 |
Valves timing: |
|
Additional features: |
Aisan 2-barrel |
|
|
|
|
Emission control: |
|
Emission standard: |
|
|
|
|
|
Cylinders alignment: |
Line 4 |
Displacement: |
958 cm3 / 58.7 cui |
Bore: |
68 mm / 2.68 in |
Stroke: |
66 mm / 2.6 in |
Compression ratio: |
9 : 1 |
Horsepower net: |
|
|
|
Torque net: |
|
|
|
Horsepower gross: |
44 kW / 60 PS / 59 hp (SAE) |
|
/ 5800 |
Torque gross: |
78.5 Nm / 58 ft-lb |
|
/ 4000 |
Redline rpm: |
|
|
|
Car power to weight ratio net: |
40 watt/kg / 18 watt/lb (estimated by a-c) |
Car weight to power ratio net: |
24.9 kg/kW / 18.3 kg/PS / 40.9 lbs/hp (estimated by a-c) |
Fuel capacity: |
32 liter / 8.5 U.S. gal / 7 imp. gal |
Gearbox: |
|
Transmission type: |
manual |
|
|
|
|
Number of gears: |
4 |
Gear ratios (overall): |
|
I |
3.707 (26.99) |
II |
2.167 (15.78) |
III |
1.413 (10.29) |
IV |
1 (7.28) |
V |
() |
VI |
() |
VII |
() |
VIII |
() |
R |
4.093 |
Speed range |
|
(max speed on gears, |
|
top gear value theor.): |
(km/h/mph) |
I: |
29 / 18 |
II: |
50 / 31 |
III: |
77 / 48 |
IV: |
109 / 68 |
V: |
/ |
VI: |
/ |
VII: |
/ |
VIII: |
/ |
1000rpm speed: |
(km/h/mph) |
I: |
4.7 / 2.9 |
II: |
8.1 / 5 |
III: |
12.5 / 7.8 |
IV: |
17.6 / 10.9 |
V: |
/ |
VI: |
/ |
VII: |
/ |
VIII: |
/ |
Torque converter factor: |
|
Final drive ratio std: |
7.281 |
optional: |
|
|
|
|
|
|
|
|
(5.571 x 1.307) |
Front brakes: |
drum |
|
|
Rear brakes: |
drum |
|
|
|
|
Standard tires: |
6.00 - 16 |
4. Mitsubishi L300 Bus 1980 an
Di luar negeri mobil ini bernama : Delica, versi 4x4 offroad!! tenaga topp banget..mobil ini ikut di rally Paris Dakar Bro...kebayang performanya...
Mobil ini harga 30 jutaan. Spek std yg diesel sbg berikut...
yg versi petrol (bensin) spesifikasi L300 sbb:
Tipe |
L300 |
Mesin |
4G33 Saturn SOHC 1400cc,
4G32 Saturn SOHC 1600cc,
4D55 Astron SOHC 2300cc,
4D56 Astron SOHC 2500cc, |
Bore X Stroke |
74,5mm X 86mm (4G33 1400cc),
76,9mm X 90mm (4G32 1600cc),
91,1mm X 90mm (4D55 2300cc),
91,1mm X 95mm (4D56 2500cc) |
Sistem Bahan Bakar |
Karburator (mesin bensin), Injeksi Indirect Injection (mesin diesel) |
Transmisi |
Manual 5 Speed |
Wheelbase |
2.200 mm |
Panjang |
4.315 mm |
Lebar |
1.880 mm |
Tinggi |
1.970 mm |
5. Suzuki Carry Real Van 1.5 l (1500 cc)
Siapa tidak tahu Suzuki Carry...tapi yg 1500 cc ya bro...lihat spesifikasi...
6.
6. Toyota Corolla KE20 dan Corolla DX 1300 cc
Yup....seperti agak maksain utk dibawa kemana-mana...tapi lumayan kok kalo dilihat spesifikasinya cukup mampu melahap trek 40 derajat...dg teknik yg baik tentu...pastikan mobil dlm keadaan baik ya...
Corolla DX.....
On the ke70s, the
final drive gear ratio is 4.300 (Rollaclub.com)
KE55 w/ 5 spd, KE70 (Corolla DX)
- 1st 3.789
- 2nd 2.220
- 3rd 1.435
- 4th 1.000
- 5th 0.865
- Rev 4.316
7. Toyota Kijang ...Doyok....Kapsul...whatever
Mobil ini basic MPV...gak heran kalo aman kemana saja...lihat spesifikasi gardan finalnya...
Lihat yg Doyok ...Final Gear 5,2....itu topp buat nanjak bro...hampir sama dg FG 8:41 Jimy Katana Modif offroad!
8. Mitsubishi Lancer SL
OK....mobil ini banyak fans...tapi jujur..hitungan saya..utk track gunung agak berat bawa keluarga...terutama tanjakan 40 derajat yg panjang....sperti ke Ciater misal....harus tunggu track kosong di depan...hehe
Engine manufacturer: |
Mitsubishi Orion-series 4G12 |
Engine type: |
spark-ignition 4-stroke |
Fuel type: |
petrol (gasoline) |
Fuel system: |
carburetor |
Charge system: |
naturally aspirated |
Valves per cylinder: |
2 |
Valves timing: |
|
Additional features: |
2-barrel |
|
SOHC |
|
|
Emission control: |
|
Emission standard: |
|
|
|
|
|
Cylinders alignment: |
Line 4 |
Displacement: |
1411 cm3 / 85.9 cui |
Bore: |
74 mm / 2.91 in |
Stroke: |
82 mm / 3.23 in |
Compression ratio: |
9 : 1 |
Horsepower net: |
|
|
|
Torque net: |
|
|
|
Horsepower gross: |
59 kW / 80 PS / 79 hp (JIS) |
|
/ 5500 |
Torque gross: |
119 Nm / 88 ft-lb |
|
/ 3500 |
Redline rpm: |
|
|
|
Car power to weight ratio net: |
59 watt/kg / 27 watt/lb (estimated by a-c) |
Car weight to power ratio net: |
17 kg/kW / 12.6 kg/PS / 28.1 lbs/hp (estimated by a-c) |
Fuel capacity: |
50 liter / 13.2 U.S. gal / 11 imp. gal |
Gearbox: |
Mitsubishi KM119 |
Transmission type: |
manual |
|
|
|
|
Number of gears: |
5 |
Gear ratios (overall): |
|
I |
3.444 (14.54) |
II |
2 (8.44) |
III |
1.316 (5.56) |
IV |
1 (4.22) |
V |
0.853 (3.6) |
VI |
() |
VII |
() |
VIII |
() |
R |
3.667 |
Speed range |
|
(max speed on gears, |
|
top gear value theor.): |
(km/h/mph) |
I: |
45 / 28 |
II: |
78 / 48 |
III: |
119 / 74 |
IV: |
157 / 98 |
V: |
184 / 114 |
VI: |
/ |
VII: |
/ |
VIII: |
/ |
1000rpm speed: |
(km/h/mph) |
I: |
7.6 / 4.7 |
II: |
13 / 8.1 |
III: |
19.8 / 12.3 |
IV: |
26.1 / 16.2 |
V: |
30.6 / 19 |
VI: |
/ |
VII: |
/ |
VIII: |
/ |
Torque converter factor: |
|
Final drive ratio std: |
4.222 |
optional: |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Front brakes: |
disc |
|
|
Rear brakes: |
drum |
|
|
|
|
Standard tires: |
155 SR 13 |
Solusi utk SL biar kuat tanjakan? perkecil ukuran ban...sedikit bantu deh..
9. Ford Laser 1300 cc 1980 an
Mobil ini juga bisa jadi pilihan bro...secara speseifikasi kemampuan mirip lah dg Mitsubishi SL 1400 cc...harga murah pula... 15 jt an dapet!!!
Look at specs ...
Engine manufacturer: |
Mazda E3 series |
Engine type: |
spark-ignition 4-stroke |
Fuel type: |
petrol (gasoline) |
Fuel system: |
carburetor |
Charge system: |
naturally aspirated |
Valves per cylinder: |
2 |
Valves timing: |
|
Additional features: |
1-barrel |
|
SOHC |
|
|
Emission control: |
|
Emission standard: |
|
|
|
|
|
Cylinders alignment: |
Line 4 |
Displacement: |
1296 cm3 / 79 cui |
Bore: |
77 mm / 3.03 in |
Stroke: |
69.6 mm / 2.74 in |
Compression ratio: |
9.2 : 1 |
Horsepower net: |
49 kW / 67 PS / 66 hp (DIN) |
|
/ 5750 |
Torque net: |
94 Nm / 69 ft-lb |
|
/ 3500 |
Horsepower gross: |
|
|
|
Torque gross: |
|
|
|
Redline rpm: |
|
|
|
Car power to weight rationet: |
55.1 watt/kg / 25 watt/lb |
Car weight to power rationet: |
18.2 kg/kW / 13.3 kg/PS / 29.7 lbs/hp |
Fuel capacity: |
45 liter / 11.9 U.S. gal / 9.9 imp. gal |
|
|
Full performance data, accelerations chart, acceleration on gears, speed range on gears, overtaking factors etc. - click the buttons below:
|
|
Gearbox: |
|
Transmission type: |
manual |
|
|
|
|
Number of gears: |
4 |
Gear ratios (overall): |
|
I |
3.416 (14.02) |
II |
1.947 (7.99) |
III |
1.29 (5.3) |
IV |
0.918 (3.77) |
V |
() |
VI |
() |
VII |
() |
VIII |
() |
R |
3.214 |
Speed range |
|
(max speed on gears, |
|
top gear value theor.): |
(km/h/mph) |
I: |
49 / 30 |
II: |
85 / 53 |
III: |
129 / 80 |
IV: |
181 / 112 |
V: |
/ |
VI: |
/ |
VII: |
/ |
VIII: |
/ |
1000rpm speed: |
(km/h/mph) |
I: |
7.8 / 4.8 |
II: |
13.6 / 8.5 |
III: |
20.6 / 12.8 |
IV: |
28.9 / 18 |
V: |
/ |
VI: |
/ |
VII: |
/ |
VIII: |
/ |
Torque converter factor: |
|
Final drive ratio std: |
4.105 |
optional: |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Front brakes: |
|
|
|
Rear brakes: |
|
|
|
|
|
Standard tires: |
165/75 SR 13 |
|
So....Mengapa mobil Charade tidak ada di daftar ? cekidot :
another ideas?....pls share yours...
Prepalband song for you
https://youtu.be/qcqBnz9Kdlk
Comments
Post a Comment