Mobil Klasik : Sedan Mitsubishi Galant Sigma 1600 cc 1982 Retro Keren.... From Bandung
https://youtu.be/lHtZ6fGQnSI
Mobil klasik itu seperti wanita cantik...perlu difahami...ditaklukkan...dan disayangi...
She was a great catcher... Dear klasik brader, saya menemukan piece of classic di jalanan kota Bandung. Tertarik dengan "classic Looks " nya. Kueren banget. Galant Sigma tahun 79-82 an. Kelihatannya versi 2000 cc. Kendaraan ini ada dalam dua seri mesin yakni 1600cc dan 2000 cc. Dan modifikasinya sangat simple, hanya merubah sektor ban dan velg saja, sudah membuatnya sangat good Looking. Baik. Saya sudah ,melihat ban depan spec nya adalah : 185/65/ R 15 ...plus diceperkan. Ban belakang lebih besar yakni : 215/45/ R17 dan tentu ceper pula. Sekedar sharing begini cara membaca spec bannya : depan 185 berarti dimensi lebar ban, 65 adalah tinggi ban, sedang R 15 adalah untuk velg ring 15. Ban belakang gambot bro, dan lebar mengejar velg racing R17 !! Cantik ya Brow.... Pernah punya yg 1600 cc.. Untuk sektor mesin,dengan yang versi 1600 cc saja, tenaganya top banget dengan karbu aslinya, benar-benar nggak habis ditanjakan 25 derajat sekalipun apalagi yang 2000 cc. Dan konsumsi bensin adalah 1:11 utk yang versi 1600cc normalnya (klaim pabrik), tapi realnya mungkin sekitar 1:10 an,lumayan iritlah. Akan tetapi sayangnya memang mendapatkan karburator asli Jepang akan sangat mahal, dan memakai yang asli bawaan karena sudah berumur spertinya mulai banyak masalah, misal tidak bisa langsam, banjir, dll. Solusinya untuk Galant adalah memakai karburator punya Toyota Kijang 5K. Hanya, kalau sudah diganti performa ditanjakan saya rasakan kurang, tetapi overall, cukup puas lah, karena saya tidak ngejar fitur kebut-kebutan. Informasi dari bengkel karburator di Bandung, Pak Ade di Banceuy bilang kalau karbu baru yang versi kw Surabaya harga 500 ribuan barunya , performa tidak bagus, tidak bisa langsam (info ini belum saya buktikan sendiri).
Spesifikasi : Mitsubishi Galant Sigma 1600 4-speed as offered for the year 1982 in Japan
Sisi positif Mobil Galant tua ini adalah:
1. Karburator plug n play (langsung pakai tanpa bikin dudukan /adaptor) bisa dipakai yang punya kijang. Untuk spare part ini bisa dibilang aman.
2. Menurut info dari bengkel, mesin Galant ini masih mudah dicari sparepartnya, sama dengan mesin mitsubishi tua lainnya seperti Lancer, Colt T (Tua).(ini masih berupa klaim, perlu dicarikan data penguatnya)
3. Kabel persneling masih mudah didapatkan.
4. Dengan karburator kijang saya dapatkan konsumsi bensin sekitar 1 liter untuk 9 Km. Cuma untuk overlap/nyelip mobil agak lemot dibandingkan karbu aslinya. Harus dibejek full gas baru mau lari kencang.
5. Power cukup besar, dan mantap ditanjakan 25 derajat.
6. Pompa bensin bisa pake model elektrik/rotax (IB. Info Bengkel)
7. Pompa bensin galant masih banyak, bisa pake punya kijang.
8. Kopling bisa dipantek,dengan harga sekitar 1 juta plus pasang. klo ori sekitar 2 juta kopling aja.
9. Timing belt galant 81 1600cc gigi 122 kotak..bukan yang round harga sekitar 800rb di Bandung.
10.Pelk Pcd 114 (ukuran diameter ulir pengencang) sama dengan kijang 12.Melihat seri mesin 4G32, adalah basic Saturn engine, sedangkan Lancer SL 4G32 1400cc.Dimensi langkah piston sama dengan lancer hanya beda besar diameter piston saja.
13. Body nya dari plat besi yg bagus ni bro..cari yg cat nya masih bagus dan ngaleng ori tapi. https://youtu.be/pgXbtGagSYU
Sisi Negatif Galant Sigma:
1. Jika masuk bengkel dan harus beli sparepart oleh pihak bengkel, maka penjual akan menanyakan mobil tipe apa dll,...mereka tau...mobil klasik berarti diberi harga mahal ..ouch..solusi...anda cari dan beli sendiri part nya...dapatkan yang termurah...mungkin bisa via club klasik. Ini terjadi saat saya ganti timing belt, dihargai 700 rebu....padahal untuk lancer SL sekitar 400 ribu...
2. Mungkin akan mogok disembarang tempat....jangan kaget...namanya barang sudah lama terkena oksigen bumi....keep calm...dan milikilah satu nama kontak bengkel kepercayaan anda di android anda...dorong mobilke tempat yang aman...cari teman baru dengan menitip mobil kepadanya...berikan sedekah anda ...dan hidup anda jauh lebih berkah bukan?, cari tau penyebabnya bersama bengkel pribadi anda...dan anda tidak bisa diburu waktu...sabar bray.
3. You need to be a resourceful man....harus pinter pinter bray...yang megang mobil tua bukanlah orang yang suka instan dan penakut.... belajar sedikit tentang engine.
4. Utk impo timing belt klazik... https://prepalband.wordpress.com/2016/04/01/daftar-list-timing-belt-mobil-klasik/ 5.Pompa bensin bermasalah di Galant? Pompa bensin Galant Sigma ok...sepertinya saya sudah terlalu banyak bicara...
Mobil klasik itu seperti wanita cantik...perlu difahami...ditaklukkan...dan disayangi...
She was a great catcher... Dear klasik brader, saya menemukan piece of classic di jalanan kota Bandung. Tertarik dengan "classic Looks " nya. Kueren banget. Galant Sigma tahun 79-82 an. Kelihatannya versi 2000 cc. Kendaraan ini ada dalam dua seri mesin yakni 1600cc dan 2000 cc. Dan modifikasinya sangat simple, hanya merubah sektor ban dan velg saja, sudah membuatnya sangat good Looking. Baik. Saya sudah ,melihat ban depan spec nya adalah : 185/65/ R 15 ...plus diceperkan. Ban belakang lebih besar yakni : 215/45/ R17 dan tentu ceper pula. Sekedar sharing begini cara membaca spec bannya : depan 185 berarti dimensi lebar ban, 65 adalah tinggi ban, sedang R 15 adalah untuk velg ring 15. Ban belakang gambot bro, dan lebar mengejar velg racing R17 !! Cantik ya Brow.... Pernah punya yg 1600 cc.. Untuk sektor mesin,dengan yang versi 1600 cc saja, tenaganya top banget dengan karbu aslinya, benar-benar nggak habis ditanjakan 25 derajat sekalipun apalagi yang 2000 cc. Dan konsumsi bensin adalah 1:11 utk yang versi 1600cc normalnya (klaim pabrik), tapi realnya mungkin sekitar 1:10 an,lumayan iritlah. Akan tetapi sayangnya memang mendapatkan karburator asli Jepang akan sangat mahal, dan memakai yang asli bawaan karena sudah berumur spertinya mulai banyak masalah, misal tidak bisa langsam, banjir, dll. Solusinya untuk Galant adalah memakai karburator punya Toyota Kijang 5K. Hanya, kalau sudah diganti performa ditanjakan saya rasakan kurang, tetapi overall, cukup puas lah, karena saya tidak ngejar fitur kebut-kebutan. Informasi dari bengkel karburator di Bandung, Pak Ade di Banceuy bilang kalau karbu baru yang versi kw Surabaya harga 500 ribuan barunya , performa tidak bagus, tidak bisa langsam (info ini belum saya buktikan sendiri).
Spesifikasi : Mitsubishi Galant Sigma 1600 4-speed as offered for the year 1982 in Japan
Production/sales period of cars with this particular specs: | November 1981 - September 1983 |
Country of origin: | J Japan |
Make: | Mitsubishi |
Model: | Galant 4th generation (A160) (Galant Sigma) |
1980-1984 | |
Submodel: | Galant 4th-gen. (Galant Sigma) Sedan (JDM) |
1980-1983 | |
Optional equipment: | L |
EEC segmentation: | D (large cars) |
Subsegment: | D-1 (large sedans) |
Class: | mid-size / large family car |
Body style: | sedan |
Doors: | 4 |
Traction: | RWD (rear-wheel drive) |
Powertrain |
Engine manufacturer: | Mitsubishi Saturn-series 4G32 |
Engine type: | spark-ignition 4-stroke |
Fuel type: | petrol (gasoline) |
Fuel system: | carburetor |
Charge system: | naturally aspirated |
Valves per cylinder: | 2 |
Valves timing: | |
Additional features: | 2-barrel |
SOHC | |
Cylinders alignment: | Line 4 |
Displacement: | 1597 cm3 / 97.8 cui |
Bore: | 76.9 mm / 3.03 in |
Stroke: | 86 mm / 3.39 in |
Compression ratio: | 8.5 : 1 |
Horsepower net: | |
Torque net: | |
Horsepower gross: | 63.5 kW / 86 PS / 85 hp (JIS) |
/ 5000 | |
Torque gross: | 132 Nm / 97 ft-lb |
/ 3000 | |
Redline rpm: | |
Car power to weight ratio net: | 57 watt/kg / 26 watt/lb (estimated by a-c) |
Car weight to power ratio net: | 17.5 kg/kW / 12.9 kg/PS / 28.8 lbs/hp (estimated by a-c) |
Fuel capacity: | 60 liter / 15.9 U.S. gal / 13.2 imp. gal |
Drivetrain |
Gearbox: | |
Transmission type: | manual |
Number of gears: | 4 |
Gear ratios (overall): | |
I | 3.525 (13.78) |
II | 2.112 (8.26) |
III | 1.442 (5.64) |
IV | 1 (3.91) |
V | () |
VI | () |
VII | () |
VIII | () |
R | 3.867 |
Speed range | |
(max speed on gears, | |
top gear value theor.): | (km/h/mph) |
I: | 45 / 28 |
II: | 75 / 47 |
III: | 111 / 69 |
IV: | 159 / 99 |
V: | / |
VI: | / |
VII: | / |
VIII: | / |
1000rpm speed: | (km/h/mph) |
I: | 8.2 / 5.1 |
II: | 13.7 / 8.5 |
III: | 20.1 / 12.5 |
IV: | 29 / 18 |
Final drive ratio std: | 3.909 |
optional: | |
Standard tires: | 165 SR 13 |
Top speed: | 158 km/h / 98 mph |
2. Menurut info dari bengkel, mesin Galant ini masih mudah dicari sparepartnya, sama dengan mesin mitsubishi tua lainnya seperti Lancer, Colt T (Tua).(ini masih berupa klaim, perlu dicarikan data penguatnya)
3. Kabel persneling masih mudah didapatkan.
4. Dengan karburator kijang saya dapatkan konsumsi bensin sekitar 1 liter untuk 9 Km. Cuma untuk overlap/nyelip mobil agak lemot dibandingkan karbu aslinya. Harus dibejek full gas baru mau lari kencang.
5. Power cukup besar, dan mantap ditanjakan 25 derajat.
6. Pompa bensin bisa pake model elektrik/rotax (IB. Info Bengkel)
7. Pompa bensin galant masih banyak, bisa pake punya kijang.
8. Kopling bisa dipantek,dengan harga sekitar 1 juta plus pasang. klo ori sekitar 2 juta kopling aja.
9. Timing belt galant 81 1600cc gigi 122 kotak..bukan yang round harga sekitar 800rb di Bandung.
10.Pelk Pcd 114 (ukuran diameter ulir pengencang) sama dengan kijang 12.Melihat seri mesin 4G32, adalah basic Saturn engine, sedangkan Lancer SL 4G32 1400cc.Dimensi langkah piston sama dengan lancer hanya beda besar diameter piston saja.
13. Body nya dari plat besi yg bagus ni bro..cari yg cat nya masih bagus dan ngaleng ori tapi. https://youtu.be/pgXbtGagSYU
Sisi Negatif Galant Sigma:
1. Jika masuk bengkel dan harus beli sparepart oleh pihak bengkel, maka penjual akan menanyakan mobil tipe apa dll,...mereka tau...mobil klasik berarti diberi harga mahal ..ouch..solusi...anda cari dan beli sendiri part nya...dapatkan yang termurah...mungkin bisa via club klasik. Ini terjadi saat saya ganti timing belt, dihargai 700 rebu....padahal untuk lancer SL sekitar 400 ribu...
2. Mungkin akan mogok disembarang tempat....jangan kaget...namanya barang sudah lama terkena oksigen bumi....keep calm...dan milikilah satu nama kontak bengkel kepercayaan anda di android anda...dorong mobilke tempat yang aman...cari teman baru dengan menitip mobil kepadanya...berikan sedekah anda ...dan hidup anda jauh lebih berkah bukan?, cari tau penyebabnya bersama bengkel pribadi anda...dan anda tidak bisa diburu waktu...sabar bray.
3. You need to be a resourceful man....harus pinter pinter bray...yang megang mobil tua bukanlah orang yang suka instan dan penakut.... belajar sedikit tentang engine.
4. Utk impo timing belt klazik... https://prepalband.wordpress.com/2016/04/01/daftar-list-timing-belt-mobil-klasik/ 5.Pompa bensin bermasalah di Galant? Pompa bensin Galant Sigma ok...sepertinya saya sudah terlalu banyak bicara...
Jika ingin tahu mobil klasik rekomendasi saya klik :
Mobil keluarga yg siap kemana saja... Perjalanan ke Pantai Sawarna dengan Jimny TuaAtau mengapa tidak menuliskan mobil yg kamu sukai...temukan cara menuliskan di :
Cara menulis mudah.. sedikit mengenang...My Galant 1981 (82) a lovely retro tour to Santolo Beach, Garut :)
WARNING: HATI-HATI VIRUS R3 -T120 BISA MENGINFEKSI OTAK ANDA
Comments
Post a Comment