Mobil Klasik : Mitsubishi Lancer SL 1979-1984
Warning : saya tidak tanggungjawab jika anda keracunan retro MITSUBISHI LANCER SL
KNOWLEDGE FROM USER (Disarikan dan diedit dari obrolan Kaskuser) Mitsubishi Lancer SL adalah mobil yang cantik, tetapi mendapatkan yang bodinya belum keropos tidak mudah. Untuk yang kondisi mesin dan bodi bagus diperkirakan harganya 20 juta an ke atas :-<. Dan sebagai perbandingan dengan mobil klasik lainnya dari sisi harga, kenyamanan dan kemudahan bisa dilihat di blog saya yang lainnya, yaitu memilih mobil klasik dengan bujet 15 jutaan. Untuk mobil keluarga klasik yg murah dan siap kemana saja cekidot : mobil-keluarga-murah-tapi-bisa-kemana-saja/
Perbandingan Lancer SL dengan Corolla DX
1.Lancer SL memiliki cc lebih besar yaitu 1400cc ketimbang DX,otomatis lebih enak,konsumsi bbm klo mesin sehat 1:12
2.Lancer SL 5 speed,DX 4 speed, SL lari 140 kph masih adem…,DX?…
3.Lancer SL ada tilt steering nya …. DX ga Ada klo jenuh dg posisi steer bsa di rubah,ubah,DX ga….
4.Lancer SL ada interval wiper,kalo hujan yg cuma tanggung bisa pakai interval wiper, DX ga ada……
5.klo memang mw di gonta ganti mesin,bisa pake VR 4 nya mitsubishi..lebih ngebut di banding 4 AG ,Mesin VR 4 kalo dapet gearboxnya juga dah 4 WD,dah pake LSD juga…DX juga bisa,tp harus di pasang additional option. 6.Harga spare part Lancer SL sama dg Parts2 DX!
Sparepart SL
Kalo masalah sparepart SL murah sebab mesinnya sama dengan L300.Kenapa sampe sekarang biro travel & toko bangunan masih banyak yg pake L300? kehandalan & ke efisien mesinnya kan? DX juga murah karena mesinnya itu base nya mesinnya kijang..kl ga salah type 3K. ini pure pengalaman pribadi , saya pernah pake DX th 80 dan sl th 83, pertama dari body saya lebih suka DX karena pikir body dx lebih enak diliat, tp setelah dirasain SL yg bikin saya excited mesin nya, enak bgt , sebenarnya DX jg enak cuma saya rasain masih ada gejala lag di putaran bawah ga kaya sl yg ngisi di semua putaran bawah atau atas, pernah saya pake nge-drift soalnya, terus satu lagi konsumsi bensinnya DX masih ori SL jg masih ori mesin nya, SL ternyata bensin nya irit bgt, saya tinggal di bdg, pernah pake bdg-sumedang PP cuma abis 30rb.
Feature/Kelengkapan Sedan Lancer SL 81-84
1. BODY Dari tahun awal sampai ’84 bisa dibilang tidak ada perbedaan signifikan. Beberapa perbedaannya adalah :
a. Lis body, tahun 81-82 mempunyai lis body berwarna putih, sedangkan 83-84 berwarna merah.
b. Lis talang air dan lis kaca depan-belakang utk thn 81-82 itu krom, sdangkan 83-84 berwarna hitam sama juga dengan handle pintunya dan lis kaca pintu.
c. Grile depan utk tahun 81-82 garis-garis polos, 83 ada tambahan 2 lampu kecil, sedangkan 84 ada garis tebalnya di grill bagian tengah
d. Mika sein depan kanan kiri untuk thn 81-82 berwarna putih (lampu senja) berwarna kuning untuk sein-nya (mika-nya menonjol). 83-84 mika sein-nya berwarna kuning semua
e. Mika lampu belakang utk tahun 81-82 polos saja, sedangkan 83-84 ada 3 lis/got di mikanya.
2. INTERIOR
a. Pada panel instrument 81-82 hanya terdapat odometer, tachometer, fuel, temp, clock. 83-84 clock digital diungsikan ke bagian tengah (tempat koin 81-82) yg kemudian digantikan oleh ampere, oil press. 81-82 pada odometernya tertulis 180 km/h, sedangkan 83-84 tertulis 200 km/h
b. Dibagian bawah outlet AC supir utk thn 83-84 terdapat saklar lampu kecil yg di grill dan dimmer switch utk mengatur terang/redupnya lampu panel instrument. 81-82 polos tdk ada tombol apa-apa.
c. 81-82 tidak terdapat console box yg terletak dibelakang hand brake
d. Bekleding pintu 81-83 berbahan polos, 84 ada tambahan bahan beludrunya dan handle pintu depannya memanjang keatas. d. Jok belakang 84 ada semacam tonjolan utk headrest dan ada hand rest yang bisa dilipat ke jok belakang serta ada tempat/kotak rahasianya…
e. 83-84 ada deffoger/anti kabut di kaca belakang, tombol on/off nya ada di samping lubang lighter. f. 83-84 di bawah kursi penumpang bagian depan ada laci tempat sepatu/sendal.
3. MESIN (4G33)
a. 81-82 memakai konfigurasi exhaust 4-1, sedangkan 83-84 memakai konfigurasi 4-2-1
b. 81-82 gigi timing belt berbentuk kotak, sedangkan 83-84 sudah bulat
c. 81-82 gear distributor bisa dipisah dari cam, sedangkan 83-84 menyatu dengan cam.
Roadability
Saya pakai pada tahun 2002-2011,saya tinggal di Surabaya Mobil saya Lancer SL ’81 Track yang saya lewati antara lain : Bandung-Surabaya pernah. Surabaya-Semarang pernah. Bromo 3 kali Batu, Malang, Trawas tidak kehitung Mobil penuh kenangan…. Gantinya Mitsubishi Lancer GLX 1993 I LOVE My MITSUBISHI Go Mitsubishi..! Tarikan mantap! Tenaga dahsyat! Salam Lancer SL!! Ada lagi pengalaman brotha SL lain… Saya punya SL th’81 pas SMA, dpt dr org tgn pertama… tes di tol jagorawi… 170km/h stabil abis… pedal gas msh sisa… pada intinya mesin SL dr 81-84 ga ada yg beda… klo dpt settingan yg pas, muantaph gan..
Apakah sparepart/mesin Lancer SL sama dengan Mitsubishi Minibus L300 ?
- Sama persis sih engga, cuma memang banyak parts yang bisa disubtitusi (part numbernya sama), contohnya SL ane dulu pake distributor yang sudah CDI bawaan L300 bensin singapore, plug n play..
- mesin sepertinya tergantung tahunnya, kebetulan ane punya L300 bensin ’84 & SL ’83
- buat mesin sama persis ( 4g33 ) ( buat beda tahun, ada yang pake 4g32 )
- secara kasat mata dilihat dari luar,ada beda tipis di ; saringan udara, kipas/fan ( di SL pake kipas/ fan hydraulic ), tutup deksel ( cylinder head cover )
- dari pengalaman tiap beli sparepart SL rata2 dikasi punya L300.. Kaya platina (waktu masih platina), distributor, selang2 radiator dll..
- L300 karoseri starwagon emang pake lampu belakang punya SL.. Malah lampu depan, grill, sama lampu sign depan dipake sama kijang kotak, tapi ane lupa buatan karoseri mana..
SHOCKBREAKER: pakai yang MONROE USA…harga sekitar 950rb….bakalan empuk bergoyang… dulu pernah make di Ford Cortina…MANTAB GOYANGNYA…
KELISTRIKAN Kalau masalah lampu redup…perkabelan perlu di rombak total…di dirapihkan dan kabel ganti baru termasuk relay…pernah nanya di daerah Ujungberung Bandung…perlu dana 1.5 juta… Masalah AC tempo hari vacum ac ane juga rusak, sempet tanya di bengkel ac, lupa harga pastinya, antara 300rb – 400rb-an lah mahal banget, trus ane akal2in, kebeneran di bengkel temen ane ada banyak karbu rusak, ane ambil vacum-nya ( vacum karbu, bukan vacum ac ), di modifikasi, batangan/pengait nya ane ganti pake kawat tebel, jadi deh, ok lagi..
Mengganti Master Rem SL 80-84 Mei 2013,…Untuk urusan sparepart, di Bandung bisa ke toko Asia Jalan Banceuy 34. Saya baru nanya harga master rem . Untuk yang made in Taiwan dihargain sekitar 400 rebu dan yang Jepang 1 juta. Soalnya SL saya sudah pernah dibongkar master rem nya dan sudah diganti punya mobil lain gak tau apa…mau dibalikin ke ori nya nih..gejala yang dirasakan adalah rem kudu dikocok untuk ngerem normal…wah yang gini bahaya jika ngerem gak bisa mendadak…jadi harus jaga jarak dengan mobil lain minimal 30 meter..dan tentu gak berani tancap gas takut rem gagal. Ya mudah-mudahan agak Lumayan pake yang merk Bpf Taiwan punya …amiinn
Spesifikasi Lancer SL
Powertrain |
Engine manufacturer: | Mitsubishi Orion-series 4G12 |
Engine type: | spark-ignition 4-stroke |
Fuel type: | petrol (gasoline) |
Fuel system: | carburetor |
Charge system: | naturally aspirated |
Valves per cylinder: | 2 |
Valves timing: | |
Additional features: | 2-barrel |
SOHC | |
Emission control: | |
Emission standard: | |
Cylinders alignment: | Line 4 |
Displacement: | 1411 cm3 / 85.9 cui |
Bore: | 74 mm / 2.91 in |
Stroke: | 82 mm / 3.23 in |
Compression ratio: | 9 : 1 |
Horsepower net: | |
Torque net: | |
Horsepower gross: | 59 kW / 80 PS / 79 hp (JIS) |
/ 5500 | |
Torque gross: | 119 Nm / 88 ft-lb |
/ 3500 | |
Redline rpm: | |
Car power to weight ratio net: | 59 watt/kg / 27 watt/lb (estimated by a-c) |
Car weight to power ratio net: | 17 kg/kW / 12.6 kg/PS / 28.1 lbs/hp (estimated by a-c) |
Fuel capacity: | 50 liter / 13.2 U.S. gal / 11 imp. gal |
Drivetrain |
Gearbox: | Mitsubishi KM119 |
Transmission type: | manual |
Number of gears: | 5 |
Gear ratios (overall): | |
I | 3.444 (14.54) |
II | 2 (8.44) |
III | 1.316 (5.56) |
IV | 1 (4.22) |
V | 0.853 (3.6) |
VI | () |
VII | () |
VIII | () |
R | 3.667 |
Speed range | |
(max speed on gears, | |
top gear value theor.): | (km/h/mph) |
I: | 45 / 28 |
II: | 78 / 48 |
III: | 119 / 74 |
IV: | 157 / 98 |
V: | 184 / 114 |
VI: | / |
VII: | / |
VIII: | / |
1000rpm speed: | (km/h/mph) |
I: | 7.6 / 4.7 |
II: | 13 / 8.1 |
III: | 19.8 / 12.3 |
IV: | 26.1 / 16.2 |
V: | 30.6 / 19 |
VI: | / |
VII: | / |
VIII: | / |
Torque converter factor: | |
Final drive ratio std: | 4.222 |
optional: | |
Front brakes: | disc |
Rear brakes: | drum |
Standard tires:/ban/velg std: | 155 SR 13 |
Catatan Perjalanan Bandung Yogyakarta dengan Lancer SL 1983 Untuk menambah wawasan silakan klik link saya ini…. Catatan Perjalanan Mengganti Stater Mei 2013,Stater SL ku mati…tidak bisa diservis lagi kondisi terbakar angkernya, untung masih ada stock barang second di tukang dinamo jalan raya Cinunuk Bandung.Kalo baru sekitar 750 ribu, dan yang second minta 450 ribu biaya pasang 60 ribu. Dan setelah dipasang pake yang second itu, langsung mesin meraung dengan merdu…hehe….ready to journey across Java!!
Ganti karburator Renggo
Bicara Mobil klasik ..cekidot bro…
Perjalanan ke Sawarna dg Jimny Tua Corolla DX 1300 cc Jimny 4×4 1000 cc Suzuki ST 20 Trontong Mobil Klasik Murah Daihatsu Charade 1000 cc List Timing belt Jadoel Lancer SL in Action! Untuk brother SL semua saya pilihkan aksi Lancer SL yang menarik dari Youtube…ENJOY 🙂 #1. SL Drifting In Yogya Circuit
Untuk penggemar SL semua …ini hadiah sebuah lagu dari PrepalBand untuk anda…Classic Never Die…Keep our SL …Strong and Longlived!!!!
Comments
Post a Comment