Mobil Klasik : Mitsubishi Lancer SL 1979-1984

lancer sl 10 engine mesin lancer sl 1

Warning : saya tidak tanggungjawab jika anda keracunan retro MITSUBISHI LANCER SL 

KNOWLEDGE FROM USER (Disarikan dan diedit dari obrolan Kaskuser) Mitsubishi Lancer SL adalah mobil yang cantik, tetapi mendapatkan yang bodinya belum keropos tidak mudah. Untuk yang kondisi mesin dan bodi bagus diperkirakan harganya 20 juta an ke atas :-<. Dan sebagai perbandingan dengan mobil klasik lainnya dari sisi harga, kenyamanan dan kemudahan bisa dilihat di blog saya yang lainnya, yaitu memilih mobil klasik dengan bujet 15 jutaan. Untuk mobil keluarga klasik yg murah dan siap kemana saja cekidot : mobil-keluarga-murah-tapi-bisa-kemana-saja/

  Perbandingan Lancer SL dengan Corolla DX
1.Lancer SL memiliki cc lebih besar yaitu 1400cc ketimbang DX,otomatis lebih enak,konsumsi bbm klo mesin sehat 1:12
2.Lancer SL 5 speed,DX 4 speed, SL lari 140 kph masih adem…,DX?…
3.Lancer SL ada tilt steering nya …. DX ga Ada klo jenuh dg posisi steer bsa di rubah,ubah,DX ga….
4.Lancer SL ada interval wiper,kalo hujan yg cuma tanggung bisa pakai interval wiper, DX ga ada……
 5.klo memang mw di gonta ganti mesin,bisa pake VR 4 nya mitsubishi..lebih ngebut di banding 4 AG ,Mesin VR 4 kalo dapet gearboxnya juga dah 4 WD,dah pake LSD juga…DX juga bisa,tp harus di pasang additional option. 6.Harga spare part Lancer SL sama dg Parts2 DX!
 

Sparepart SL
 Kalo masalah sparepart SL  murah sebab mesinnya sama dengan L300.Kenapa sampe sekarang biro travel & toko bangunan masih banyak yg pake L300? kehandalan & ke efisien mesinnya kan? DX juga murah karena mesinnya itu base nya mesinnya kijang..kl ga salah type 3K. ini pure pengalaman pribadi , saya pernah pake DX th 80 dan sl th 83, pertama dari body saya lebih suka DX karena pikir body dx lebih enak diliat, tp setelah dirasain SL yg bikin saya excited mesin nya, enak bgt , sebenarnya DX jg enak cuma saya rasain masih ada gejala lag di putaran bawah ga kaya sl yg ngisi di semua putaran bawah atau atas, pernah saya pake nge-drift soalnya, terus satu lagi konsumsi bensinnya DX masih ori SL jg masih ori mesin nya, SL ternyata bensin nya irit bgt, saya tinggal di bdg, pernah pake bdg-sumedang PP cuma abis 30rb.

Feature/Kelengkapan Sedan  Lancer SL 81-84
1. BODY Dari tahun awal sampai ’84 bisa dibilang tidak ada perbedaan signifikan. Beberapa perbedaannya adalah :
a. Lis body, tahun 81-82 mempunyai lis body berwarna putih, sedangkan 83-84 berwarna merah.
 b. Lis talang air dan lis kaca depan-belakang utk thn 81-82 itu krom, sdangkan 83-84 berwarna hitam sama juga dengan handle pintunya dan lis kaca pintu.
 c. Grile depan utk tahun 81-82 garis-garis polos, 83 ada tambahan 2 lampu kecil, sedangkan 84 ada garis tebalnya di grill bagian tengah
 d. Mika sein depan kanan kiri untuk thn 81-82 berwarna putih (lampu senja) berwarna kuning untuk sein-nya (mika-nya menonjol). 83-84 mika sein-nya berwarna kuning semua
 e. Mika lampu belakang utk tahun 81-82 polos saja, sedangkan 83-84 ada 3 lis/got di mikanya.

2. INTERIOR
 a. Pada panel instrument 81-82 hanya terdapat odometer, tachometer, fuel, temp, clock. 83-84 clock digital diungsikan ke bagian tengah (tempat koin 81-82) yg kemudian digantikan oleh ampere, oil press. 81-82 pada odometernya tertulis 180 km/h, sedangkan 83-84 tertulis 200 km/h
 b. Dibagian bawah outlet AC supir utk thn 83-84 terdapat saklar lampu kecil yg di grill dan dimmer switch utk mengatur terang/redupnya lampu panel instrument. 81-82 polos tdk ada tombol apa-apa.
 c. 81-82 tidak terdapat console box yg terletak dibelakang hand brake
 d. Bekleding pintu 81-83 berbahan polos, 84 ada tambahan bahan beludrunya dan handle pintu depannya memanjang keatas. d. Jok belakang 84 ada semacam tonjolan utk headrest dan ada hand rest yang bisa dilipat ke jok belakang serta ada tempat/kotak rahasianya…
 e. 83-84 ada deffoger/anti kabut di kaca belakang, tombol on/off nya ada di samping lubang lighter. f. 83-84 di bawah kursi penumpang bagian depan ada laci tempat sepatu/sendal.

3. MESIN (4G33)
 a. 81-82 memakai konfigurasi exhaust 4-1, sedangkan 83-84 memakai konfigurasi 4-2-1
 b. 81-82 gigi timing belt berbentuk kotak, sedangkan 83-84 sudah bulat
 c. 81-82 gear distributor bisa dipisah dari cam, sedangkan 83-84 menyatu dengan cam.

Roadability
 Saya pakai pada tahun 2002-2011,saya tinggal di Surabaya Mobil saya Lancer SL ’81 Track yang saya lewati antara lain : Bandung-Surabaya pernah. Surabaya-Semarang pernah. Bromo 3 kali Batu, Malang, Trawas tidak  kehitung Mobil penuh kenangan…. Gantinya Mitsubishi Lancer GLX 1993 I LOVE My MITSUBISHI Go Mitsubishi..! Tarikan mantap! Tenaga dahsyat! Salam Lancer SL!! Ada lagi pengalaman brotha SL lain… Saya punya  SL th’81  pas SMA,  dpt dr org tgn pertama… tes di tol jagorawi… 170km/h stabil abis… pedal gas msh sisa… pada intinya mesin SL dr 81-84 ga ada yg beda… klo dpt settingan yg pas, muantaph gan..
Apakah sparepart/mesin Lancer SL  sama dengan Mitsubishi Minibus L300 ?
  • Sama persis sih engga, cuma memang banyak parts yang bisa disubtitusi (part numbernya sama), contohnya SL ane dulu pake distributor yang sudah CDI bawaan L300 bensin singapore, plug n play..
  • mesin sepertinya tergantung tahunnya, kebetulan ane punya L300 bensin ’84 & SL ’83
  • buat mesin sama persis ( 4g33 ) ( buat beda tahun, ada yang pake 4g32 )
  • secara kasat mata dilihat dari luar,ada beda tipis di ; saringan udara, kipas/fan ( di SL pake kipas/ fan hydraulic ), tutup deksel ( cylinder head cover )
  • dari pengalaman  tiap beli sparepart SL  rata2 dikasi punya L300.. Kaya platina (waktu masih platina), distributor, selang2 radiator dll..
  •  L300 karoseri starwagon emang pake lampu belakang punya SL.. Malah lampu depan, grill, sama lampu sign depan dipake sama kijang kotak, tapi ane lupa buatan karoseri mana..
Dandanan SL Lancer SL adalah mobil yang gampang sparepartnya, buat yg di kota besar, bisa dpt onderdil orisinil, tp buat agan2 yg di kota kecil bisa kanibal L300 bensin untuk onderdilnya, bodipart emang rada sulit, apalagi list body.., lancer mau di dandanin apa aja masuk, rally style, retro style, street style pasti ok Untuk penggunaan velg diatas 16″ agan2 kudu naekin mangkok per depan,velg klo mau maksain bisa sampe? 19″, yg pasti memang SL never die Liat aja film2 jackie chan pasti ada SL..hehehe, smoga bermanfaat..
SHOCKBREAKER: pakai yang MONROE USA…harga sekitar 950rb….bakalan empuk bergoyang… dulu pernah make di Ford Cortina…MANTAB GOYANGNYA…
KELISTRIKAN Kalau masalah lampu redup…perkabelan perlu di rombak total…di dirapihkan dan kabel ganti baru termasuk relay…pernah nanya di daerah Ujungberung Bandung…perlu dana 1.5 juta… Masalah AC tempo hari vacum ac ane juga rusak, sempet tanya di bengkel ac, lupa harga pastinya, antara 300rb – 400rb-an lah mahal banget, trus ane akal2in, kebeneran di bengkel temen ane ada banyak karbu rusak, ane ambil vacum-nya ( vacum karbu, bukan vacum ac ), di modifikasi, batangan/pengait nya ane ganti pake kawat tebel, jadi deh, ok lagi..
Mengganti Master Rem SL 80-84 Mei 2013,…Untuk urusan sparepart, di Bandung bisa ke toko Asia Jalan Banceuy 34. Saya baru nanya harga master rem . Untuk yang made in Taiwan dihargain sekitar 400 rebu dan yang Jepang 1 juta. Soalnya SL saya sudah pernah dibongkar master rem nya dan sudah diganti punya mobil lain gak tau apa…mau dibalikin ke ori nya nih..gejala yang dirasakan adalah rem kudu dikocok untuk ngerem normal…wah yang gini bahaya jika ngerem gak bisa mendadak…jadi harus jaga jarak dengan mobil lain minimal 30 meter..dan tentu gak berani tancap gas takut rem gagal. Ya mudah-mudahan agak Lumayan pake yang merk Bpf Taiwan punya …amiinn

Spesifikasi Lancer SL

Powertrain
Engine manufacturer: Mitsubishi Orion-series 4G12
Engine type: spark-ignition 4-stroke
Fuel type: petrol (gasoline)
Fuel system: carburetor
Charge system: naturally aspirated
Valves per cylinder: 2
Valves timing:
Additional features: 2-barrel
SOHC
Emission control:
Emission standard:
Cylinders alignment: Line 4
Displacement: 1411 cm3 / 85.9 cui
Bore: 74 mm / 2.91 in
Stroke: 82 mm / 3.23 in
Compression ratio: 9 : 1
Horsepower net:
Torque net:
Horsepower gross: 59 kW / 80 PS / 79 hp (JIS)
/ 5500
Torque gross: 119 Nm / 88 ft-lb
/ 3500
Redline rpm:
Car power to weight ratio net: 59 watt/kg / 27 watt/lb (estimated by a-c)
Car weight to power ratio net: 17 kg/kW / 12.6 kg/PS / 28.1 lbs/hp (estimated by a-c)
Fuel capacity: 50 liter / 13.2 U.S. gal / 11 imp. gal
Drivetrain
Gearbox: Mitsubishi KM119
Transmission type: manual
Number of gears: 5
Gear ratios (overall):
I 3.444 (14.54)
II 2 (8.44)
III 1.316 (5.56)
IV 1 (4.22)
V 0.853 (3.6)
VI ()
VII ()
VIII ()
R 3.667
Speed range
(max speed on gears,
top gear value theor.): (km/h/mph)
I: 45 / 28
II: 78 / 48
III: 119 / 74
IV: 157 / 98
V: 184 / 114
VI: /
VII: /
VIII: /
1000rpm speed: (km/h/mph)
I: 7.6 / 4.7
II: 13 / 8.1
III: 19.8 / 12.3
IV: 26.1 / 16.2
V: 30.6 / 19
VI: /
VII: /
VIII: /
Torque converter factor:
Final drive ratio std: 4.222
optional:
Front brakes: disc
Rear brakes: drum
Standard tires:/ban/velg std: 155 SR 13

Catatan Perjalanan Bandung Yogyakarta dengan Lancer SL 1983 Untuk menambah wawasan silakan klik link saya ini…. Catatan Perjalanan my lancer sl 83 Mengganti Stater Mei 2013,Stater SL ku mati…tidak bisa diservis lagi kondisi terbakar angkernya, untung masih ada stock barang second di tukang dinamo jalan raya Cinunuk Bandung.Kalo baru sekitar 750 ribu, dan yang second minta 450 ribu biaya pasang 60 ribu. Dan setelah dipasang pake yang second itu, langsung mesin meraung dengan merdu…hehe….ready to journey across Java!!

Ganti karburator Renggo Salam sejahtera selalu Pak Martin. Saya mau tanya,, ada bengkel di tempat saya menyarakan untuk mengganti Karburator Mitsubishi Lancer Sl untuk menggunakan Karbu Daihatsu Charade agar bisa irit BBM,,, Yang mau saya tanyakan apakan memang bisa Lancer Sl saya menggunakan Karbu Daihatsu charade sesuai dengan saran Bengkel saya,, Jenis kerbu apa saja yang bisa dipakai untuk Lancer Sl saya.. tanpa mengubah dudukan karbu pada manipol.. Kira2 apa dampak dari pengubahan tersebut terhadap kinerja mesin… terima kasih 
 Jawab: Maaf, agak terlambat membalas, maklum sedang di Yogyakarta. Soal modifikasi karburator, boleh boleh saja, sejauh dudukannya cocok dan cc mesin memper sama. Sejauh yang saya tau, bengkel sudah biasa modifikasi, tukar-tukar karburator. Saya percaya, bisa bikin lebih hemat.

Permasalahan karburator, rem,boros bensin Renggo < cadangan_l@yahoo.co.id> Salam Persahabatan selalu Pak Martin, sblmnya maaf,, saya baru pake mobil Mitsubishi Lancer SL tahun 1981, kendala yang saya hadapai sekarang ini adalah 1. ketika gas mobil saya tarik secara spontan makan mesin mobil saya cenderung ingin mati,, tetapi kalau gas secara perlahan itu sama sekali tidak ada kendala,, 2. mobil Lancer saya tersebut tergolong Boros dalam Konsumsi Bahan Bakar “jarak 30km menghabiskan BBM 40 liter. 3. Ketika kendaraan tersebut akan di Rem makan pedal harus di ayun/dikocok terlebih dahulu agar Remnya berfungsi dengan baik… pertanyaan saya : 1. Dimana letak penyebab dari masalah gas tersebut. 2. Apa yang menyebabkan BBM boros,,, mungkinkah dari ukuran Spuyer,, dan berapa ukuran standar Spuyer Minyak dan Udara untuk lancer SL,, serta dibagian mana Spuyer Minyak dan Spuyer Udara. 3. Apa yang menyebabkan rem mobil tersebut harus di ayun/dikocok agar dapat berfungsi dengan baik, karena kalau pedal hanya sekali di injak maka terasa dalam sehingga rem kurang pakem. N/b. – apakan isi karbu perlu diganti atau perlu Karburator Lancer SL saya diganti? kira2 berapa harga karburator Lancer?.. – apakah untuk masalah rem harus ada yang diganti. Demikian pertanyaan saya,, dengan segala perhatian saya ucapkan terimakasih, wasalam… 
 Jawab: 1. Soal lepas gas lalu mesin mau mati, perkiraan saya soal link di karburator. Kemungkinan ada sudah aus. Coba per penarik di karburator di pendekin, biar nariknya pasti, tidak berubah. 2. Hal ini ada hubungan dengan pertama, soal karburator. Kalau sudah berusia 31 tahun, sudah banyak saluran membesar. Mending ganti bari, atau modifikasi. Hitung hitung adanya hemat dan mmahalnya bensin, tak lama harganya sudah ketutup. 3. Pengebabnya karena master rem sudah ngantong. Ini juga karena keausan. Spatu rem kerendakan juga bisa. Coba naikan dulu sepatu rem. Kalau sudah ngantong, mesti diganti, ini membahayakan penumpang dan orang lain. 

Mengatasi panas di kabin Driver Ini saya alami….kabin driver panas! akibatnya udara diblow sama AC pun ga ngaruh…tetap panas…selidik punya selidik ternyata ada penutup setir yang terletak antara bodi dan stang setir terbuka…sehingga panas dari knalpot header pas masuk ke ruang driver… lalu saya mur kembali penutupnya untuk menghalangi udara panas tersebut. Dan menurut informasi , untuk menghalangi panas mesin masuk ke ruang penumpang perlu diberi lapisan aluminium foil di bodi antara driver dan mesin… 
Power Steering Untuk Lancer SL Berikut adalah input dari user Lancer SL, bagi yang ingin memodifikasi steeringnya supaya ringan, apalagi jika bernafsu memakai ban besar (ring 15 ke atas), tentu akan membuat steering jadi berat.  Ada masukan bahwa mobil ini tidak susah dipasang PS, tinggal datangi ke tukang PS, siapkan dana sampai 2 jutaan. Fix. Berikut obrolannya. from http://www.modifikasi.com/showthread.php/495474-LANCER-SL-1981-TRUE-STORY) Pada saat dibeli, mobil ini sudah dipasangin velg racing Enkei R13, power steering copotan Kijang Kapsul, AC, alarm, central Lock dll. Yang gak ada saat itu yaitu radio/tape (speaker belakangnya ada sepasang) dan kacanya masih bening. Interiornya alhamdulillah lumayan nyaman dan lapang, terutama dash boardnya yang mulus, setirnya ori, door trim replica, jok gak ada robek, karpet karetnya terlihat masih seperti baru, mesin halus, gak bunyi gluduk saat jalan, lampu2 indikator nyala semua dll From : https://www.serayamotor.com/diskusi/viewtopic.php?t=10650&start=125 Postby poeticmind » 24 Jul 2009, 09:08 choshen wrote: To all … Saya baru beli mobil lancer sl 82. Saya berencana mau di tambahin power steering. Bisa tidak lancer 82 di tambahin power steering ? Kalo bisa yang type or seri berapa PS nya ? Soalnya saya denger dari temen kok tidak bisa coz jarak antara steer house dengan manipol terlalu deket shg kalo tetap di paksain maka selang akan sering bocor karena kepanasan. Mohon bantuan nya kalo bisa di tambah PS di letakkan di sebelah mana ? Ada gambarnya tidak ?Thanks. Agus Prianto Santosa – SOLO halo bro choshen, welcome to SM. lancer SL bisa ditambahkan power steering, seperti kata bro ryan, biasanya diambil dari lepasan barang limbah ex spore. kalo bro ryan bilang dari toyoda, kalo setau saya bisa pake punya dangan. sebaliknya toyoda charmant pun powersteering nya jika jebol diswap dengan dan gan, karena sistem nya pas dengan mitsubisihi.. sepertinya daihatsu charmant mengadopsi (ala frankenstein) parts toyota (misal engine 4A) dan mitsubishi. 

Masalah Setir Speleng (kosong) Komponen setir rupanya cukup banyak kaitannya. ada tie rod, rack end, dll. Berikut skema kaitan sistem setir. kaki kaki mobil 

 Jadi pada dasarnya ada beberapa kemungkinan setir speling/kosong. bisa jadi dari tie rod sudah aus. Silakan di cek ke tukang tie rod, ball joint kepercayaan anda.   Nice Looks SL lacer sl 1 sl modified Velg Yang Mantap Buat Retrois Velg gini mantep benar brow… velg Work Equip 01 ring 15 inch dengan spek 8.5 x 9.5. velg work equip

Bicara Mobil klasik ..cekidot bro…

Perjalanan ke Sawarna dg Jimny Tua Corolla DX  1300 cc Jimny 4×4 1000 cc Suzuki ST 20 Trontong Mobil Klasik Murah Daihatsu Charade 1000 cc List Timing belt Jadoel Lancer SL in Action! Untuk brother SL semua saya pilihkan aksi Lancer SL yang menarik dari Youtube…ENJOY  🙂 #1. SL Drifting In Yogya Circuit
Untuk penggemar SL semua  …ini hadiah sebuah lagu dari PrepalBand untuk anda…Classic Never Die…Keep our SL …Strong and Longlived!!!!

Comments

Popular posts from this blog

Mobil Klasik : Sedan Mitsubishi Galant Sigma 1600 cc 1982 Retro Keren.... From Bandung

Mobil Keluarga Murah tapi bisa kemana saja?